8 Nelayan Trenggalek Hilang Di Perairan Blitar, Seribu Nelayan Prigi Istighosah DIpinggir Pantai

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – 8 nelayan Prigi hilang terhempas ombak besar di Pantai Gayasan, Blitar. Sekitar seribu nelayan yang beroprasi di pebabuhan perikanan nusantara Prigi, Kecamatan Watulimo, Trenggalek mengelar istighotsah Doa Bersama dipinggir Pantai. Harapannya seluruh nelayan selamat dan 8 nelayan yang hilang segera ditemukan.

Istighotsah dan doa bersama nelayan perairan Prigi, Watulimo ini berlangsung di area tempat pelelangan ikan. Istighotsah bertujuan untuk mendoakan keselamatan seluruh nelayan di teluk Prigi. Pasalnya, selama kurun waktu sekitar 1 bulan terakhir, sudah ada 3 kejadian laka laut yang mengakibatkan hilang dan meninggalnya Nelayan di Trenggalek. Bahkan, 8  nelayan yang hilang di perairan Blitar, saat ini juga belum ditemukan.

Salah satu nelayan, Imam Supingi, menyampaikan, Selain itu doa bersama juga dikhususkan untuk delapan nelayan KM Mandala yang masih dinyatakan hilang di pantai gayasan blitar . Warga berharap , delapan nelayan yang hilang tersebut segera ditemukan. Sementara itu sebagai bentuk keprihatinan atas insiden kecelakaan tersebut, seluruh nelayan di Pelabuhan Prigi tidak ada yang melaut.

Sekedar diketahui bahwa, selama sekitar satu bulan terakhir terdapat tiga insiden kecelakaan laut yang menimpa nelayan Trenggalek. kejadian pertama, empat orang nelayan meninggal dunia akibat kecelakaan di Pantai Gladak Tulungagung. Kejadian kedua, seorang nelayan di Pantai Kuyon, Kecamatan Panggul Trenggalek hilang disapu ombak.  Sedangkan yang ketiga terjadi pada kamis pagi, 7 September 2023, kapal jenis slerek yang ditumpangi 23 ABK kecelakaan di Blitar, akibatnya delapan nelayan dinyatakan hilang .