Thursday, 30-June-2022

1610009175

home2

Didor Kakinya, Komplotan Maling Ganjal ATM di Trenggalek Beberkan Modus Kuras Saldo Korban

4 weeks lalu
416
8564101317_903d9afaca

TRENGGALEK, bioztv.id – Dilubangi kakinya dengan timah panas, komplotan maling modus ganjal ATM di Trenggalek akhirnya beberkan aksinya. Komplotan ini berjumlah 4 orang dan memiliki tugas masing masing sesuai keahliannya. Komplotan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat yang sudah berulang kali lakukan aksi serupa diberbagai kota.

Berdasarkan keterangan salah satu tersangka, AN, saat akan mengganjal ATM hanya memerlukan Cutton Bud dan tusuk gigi. Sebelum ada nasabah Bank yang masuk ATM, ada 1 pelaku yang bertugas mengganjal mesin ATM menggunakan cutton bud dan tusuk gigi tersebut. Kemudian ditunggi sekitar 5 menit saat ada nasabah yang memasukkan kartu ATM, maka kartunya akan nyangkut. Saat itu 1 tersangka pura pura ikut ngantri dibelakangnya, kemudian pura pura membantu korban dan meminta nomor PIN ATM. Disisi lain tersangka yang ada diluar ATM menyarankan korban agar melapor ke kantor Bank yang bersangkutan. Saat itu, tersangka yang sudah mangantongi nomor PIN ATM korban kemudian mengambil paksa kartu ATM menggunakan gergaji besi.

Lebih lanjut tersangka AN menjelaskan, Saat karu ATM dan PIN sudah dikuasai, selanjutnya dilakukan pengurasan saldo rekening. Pengurasan ini bisa dilakukan dengan cara transfer ke nomor rekening tersangka lain maupun penarikan tunai.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pencurian dengan modus ganjal ATM di Kabupaten Trenggalek ini terjadi pada bulan Maret dan April kemarin. Kejadian pertama terjadi di ATM Bank Jatim Pogalan dengan kerugian sekitar Rp.26 Juta. Kemduain Kejadian kedua terjadi di ATM Bank Jatim Gandusari dengan kerugian nasabah sebesar Rp.7,5 Juta.  Komplotan maling ini berjuamlah 4 orang. Yakni, AN, HAP IA dan RH. Dari 4 tersangka tersebut dua tersangka sudah ditangkap, yaitu AN dan HAP, sedangkan 2 tersangka lain atas nama IA dan RH masih buron.

13234977193_60264b26d9_o

Related Post

home2

bioz tv