Thursday, 30-June-2022

1610009175

home2

Ganjal ATM, Komplotan Asal Bandung Gasak Uang Nasabah Bank Jatim Trenggalek Hingga Puluhan Juta

4 weeks lalu
461
8564101317_903d9afaca

TRENGGALEK, bioztv.id – Modus ganjal ATM pakai cutton bud, komplotan maling asal Bandung, Jawa Barat gasak uang dua nasabah Bank Jatim di Trenggalek hingga puluhan juta rupiah. Komplotan ini berjumlah 4 orang dan sudah berulang kali lakukan kejahatan yang sama di berbagai daerah. Diantaranya di Ponorogo, Madiun, dan Jakarta.

Menurut keterangan wakapolres Trenggalek, kasus pencurian dengan modus ganjal ATM di Kabupaten Trenggalek ini terjadi pada bulan Maret dan April kemarin. Kejadian pertama terjadi di ATM Bank Jatim Pogalan dengan kerugian sekitar Rp.26 Juta. Kemduain Kejadian kedua terjadi di ATM Bank Jatim Gandusari dengan kerugian nasabah sebesar Rp.7,5 Juta.

Lebih lanjut Wakapolres Trenggalek, Kompol Haryanto menyampaikan, Komplotan ganjal ATM ini berjuamlah 4 orang. Yakni, AN, HAP IA dan RH. Dari 4 tersangka tersebut dua tersangka sudah ditangkap, yaitu AN dan HAP, sedangkan 2 tersangka lain atas nama IA dan RH masih buron. Saat melancarkan aksinya tersangka IA mengganjal ATM menggunakan cutton bud, kemudian menunggu sampai ada orang transaksi. Saat kartau ATM korban nyangkut kemudian tersangka IA pura pura akan membantu dan meminta nomor PIN ATM. Selanjutnya tersangka lain menyarankan agar korban pergi melapor ke kantor Bank. Saat itu tersangka lain mengambil paksa ATM yang tertelan, kemudian uang korban dikuras hingga habis.

Saat ini tersangka AN dan HAP beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Trenggalek guna proses hukum lebih lanjut. Akibat perbuatannya ini para tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) terkait pencurian dengan pemberatan yang dilakukan berulang kali dengan ancaman hukuman maksimal 7  tahun penjara.

13234977193_60264b26d9_o

Related Post

home2

bioz tv