Beranda NEWS MOMENT Rencana Waktu Peresmian Bendungan Tugu Trenggalek Oleh Presiden Jokowi Belum Pasti

Rencana Waktu Peresmian Bendungan Tugu Trenggalek Oleh Presiden Jokowi Belum Pasti

560

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana waktu peresmian Bendungan Tugu di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur oleh Presiden Jokowi belum ada kepastian. Meski sempat beredar kabar akan duresmikan pada Kamis, 25 November 2021, namun pihak terkait belum bisa memastikan kapan rencana peremian itu akan dilakukan.

Sejak dilakukan proses pengisian air atau Impounding pada 21 September 2021 lalu, saa ini kondisi genangan bendungan tugu sudah cukup besar. Selain itu proses pembangunan juga sudah selesai, sehingga proses peresmian tinggal menunggu waktu saja. Menghadapi rencana peremian ini, jajaran Kepolisian bersama pihak terkait juga sudah mulai intens persiapkan strategi pengemanan demi kelancaran.

Kapolres Trenggalek, AKBP.Dwiasi Wiyatputera menerangkan, terkait rencana waktu peremian, pihaknya masih akan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk jajaran Kodim 0806. yang jelas, proses peremian Bendunagn Tugu ini masih harus menunggu dari kesiapan dari semua pihak.

Perlu diketahui bahwa, Selain berpotensi menjadi tempat wisata yang menarik, Bendungan Tugu ini juga memiliki banyak manfaat lain. Beberapa diantaranya seperti untuk pemenuhan kebutuhan air irigasi pertanian seluas 1.200 hektare (ha), penyediaan air baku sebesar 12 liter per detik, dan penganggulangan bencana banjir tahunan dengan pengurangan debit sebesar 76,21 meter kubik per detik. Selain itu, Bendungan Tuhu ini juga memiliki potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 0,4 megawatt.