Beranda NEWS MOMENT Keren, Eks Kantor Kawedanan Panggul Akan Menjadi Situs Cagar Budaya Pertama di...

Keren, Eks Kantor Kawedanan Panggul Akan Menjadi Situs Cagar Budaya Pertama di Trenggalek

437

TRENGGALEK, bioztv.id – Bangunan tua bekas kantor kawedanan di Kecamatan Panggul, diusulkan menjadi situs cagar budaya pertama di Trenggalek. Selain itu, pemerintah daerah juga mulai menginventarisir situs-situs kebudayaan lainnya. Sementara itu Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Pemprov Jatim juga telah menilik dan mengobservasi bangunan itu.

Observasi terhadap bangunan eks kawedanan peninggalan belanda itu, sudah dilakukan TACB Pemprov Jatim pada beberapa waktu lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui layak tidaknya bangunan itu dijadikan situs cagar budaya. Hasilnya, setelah dirapatkan dan disidangkan, kemudian ditentukan jika bangunan bekas Kawedanan Panggul itu layak atau patut sebagai cagar budaya.  Saat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek masih menunggu surat rekomendasi resmi dari TACB Pemprov Jatim soal kelayakan itu. Nantinya, rekomendasi itu akan dijadikan dasar pemkab untuk mengeluarkan surat penetapan situs cagar budaya yang akan ditandatangani oleh

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan, salah satunya dengan mengembangkan pariwisata dengan melestarikan budaya. Saat ini pemerintah daerah masih menginventarisir situs-situs kebudayaan di Kabupaten Trenggalek, salah satunya eks Kawedanan Panggul yang direncanakan untuk ditetapkan sebagai situs cagar budaya.

Mas Ipin juga menambahkan, Untuk memaksimalkan perkembangan pariwisata melalui Budaya itu, Pemkab Trenggalek juga menjalin kerjasama dengan Pemprov Jateng, Yogyakarta, maupun pihak Keraton. Ia menargetkan, kedepannya  antara Jogja – Trenggalek dan sebaliknya, bisa menjadi poros ekonomi yang bermanfaat untuk masyarakat.