Beranda NEWS MOMENT Progres Sudah 87%, Pengisian Air Bendungan Tugu Trenggalek Menunggu Sertifikasi Impounding

Progres Sudah 87%, Pengisian Air Bendungan Tugu Trenggalek Menunggu Sertifikasi Impounding

1467

TRENGGALEK, bioztv.id – Progresnya sudah mencapai 87%, rencana pengisian air Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur belum ada kepastian. Pasalnya, untuk proses pengisian air bendungan harus melibatkan banyak pihak, dan menyelesaikan sertifikasi Impounding, sehingga  kondisi bendungan harus dipastikan sudah aman.

Mengacu keterangan pejabat pembuat komitmen (PPK) Bendungan Tugu, Untuk proses pembangunan bendungan tugu secara keseluruhan sudah mencapai 87%,  tahapannya sudah pada proses main dam bendungan, atau Zona Inti sedang dilakukan penimbunan.  Saat ini penimbunan zona inti dan zona Rock Fill sudah mencapai 73 Meter, sementara itu target tinggi maksimal adalah 89 meter, sehingga kurang 16 meter lagi. Untuk Spillway tahapannya masih pengerjaan konstruksi untuk peluncur sampai kolam olah, nantinya juga akan ada penanganan lereng sebelah kanan Spillway.

Lebih lanjut PPK Bendungan Tugu, Yudha Tamtra Ahmadi menyampaikan, Untuk proses pengisian air atau impounding, pihaknya belum bisa memstikan kapan waktunya. Untuk proses ini harus melibatkan banyak pihak untuk menyelesaikan sertifikasi impunding. Dalam hal ini, nantinya  akan dilakukan diskusi secara terus menerus dengan tim komisi keamanan bendungan, sehingga harus dipastikan bendungan ini aman terlebih dahulu. Selanjutnya akan mendapatkan sertifikasi Impounding dari kementerian.

Yudha juga menambahkan, meski pihaknya belum bisa memastikan waktu pengisian air pada bendunga Tugu, namun pihaknya berharap pada tahun ini seluruh progres bisa terlampaui. Sehingga Bengunan bendungan Tugu bisa segera difungsikan sebagaimana mestinya.