Beranda NEWS Penyusunan RPJMD 2021-2026, DPRD Trenggalek Minta Target Pendapatan Ditingkatkan

Penyusunan RPJMD 2021-2026, DPRD Trenggalek Minta Target Pendapatan Ditingkatkan

241

TRENGGALEK, bioztv.id – Sesuaikan pendapatan daerah dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Trenggalek Tahun 2021-2026, DPRD minta ada peningakatan target. Pasalnya, menurut pemantauan DPRD Trenggalek, target pendapatannya masih terlalu rendah, dan masih bisa untuk ditingkatkan.

Menurut keterangan Ketua DPRD Trenggalek, RPJMD merupakan dokumen perencanaan 5 (lima) tahunan yang memuat visi, misi, dan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Selanjutnya program program itu dijadikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha.  Untuk mewujudkan visi dan misi RPJMD Kabupaten Trenggalek Tahun 2021-2026 itu jug a harus dilakukan secara sinergis, efektif dan tepat sasaran.

Lebih lanjut Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menyampaikan, Pada pembahasan awal RPJMD ini, wakil rakyat memberikan saran dan masukan terhadap tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Secara prinsip, TAPD juga sudah bersedia untuk merevisi sesuai saran DPRD. Sedangkan salah satu masukannya adalah, DPRD meminta adanya peningkatan target jumlah pendapatan daerah.

Perlu diketahui bahwa, pasca dilantiknya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek oleh Gubernur Jawa Timur pada Bulan Februari Tahun 2021, maka sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten Trenggalek berkewajiban menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Rancangan itu berisi penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah. Sementara itu dalam penyusunannya juga harus berpedoman pada RPJPD serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).