Beranda NEWS MOMENT 1 Meninggal Akibat Covid-19, Baru 50% Pedagang Pasar Bendorejo Yang Jalani Rapid...

1 Meninggal Akibat Covid-19, Baru 50% Pedagang Pasar Bendorejo Yang Jalani Rapid Tes

499

TRENGGALEK, bioztv.id – Tracing pasca ada satu pedagang yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, dari ratusan pedagang Pasar Bendorejo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek baru separuh yang sudah menjalani rapid test. Kebanyakan justru memilih menutup lapak saat dilakukan rapid tes masal di dilokasi.

Berdasarkan keterangan Kepala dinas koperasi usaha mikro dan perdagangan (Diskomindag) Kabupaten Trenggalek, saat dilakukan rapid tes di Pasar Bendorejo hanya ada 51 pedagang yang sudah menjalani tes, sementara itu yang lain banyak yang menutup lapak dan tidak mengikuti tes karena merasa takut. Smeentara itu Dari puluhan sampel yang diambil, terdapat lima orang yang hasilnya menunjukkan  reaktif rapid test, selanjutnya mereka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui metode P-C-R atau tes swab. 

Lebih lanjut Kepala Diskomindag Kabupaten Trenggalek, Agus Setyono menyampaikan, Proses pemeriksaan yang diawalai dengan Rapid Tes ini dilakukan guna mendeteksi ada tidaknya pedagang yang terindikasi terpapar covid-19. Sebab sebelumnya,  salah seorang pedagang diketahui meninggal dunia akibat terpapar virus corona. 

Agus juga menambahkan, dengan dilakukannya  rapid test ini diharapkan bisa mendeteksi jika ada pedagang yang terpapar virus corona,  sehingga bisa segera diambil langkah yang tepat dan tidak menyebar kemana-mana. Sementara itu terkait operasional pasar,  untuk sementara waktu masih diperbolehkan buka seperti biasa . Selanjutnya Diskomindag juga akan melakukan pembahasan bersama bupati dan satgas covid-19.