Beranda NEWS MOMENT Tekan Lonjakan Covid-19 Di Jatim, Emil Dardak Minta Tracing & Operasi Yustisi...

Tekan Lonjakan Covid-19 Di Jatim, Emil Dardak Minta Tracing & Operasi Yustisi Tetap Dilakukan

545

bioztv.id – Antisipasi terus melonjaknya jumlah pasien Covid-19 di Jawa Timur, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak himbau masyarakat tertib protokol kesehatan. Selain itu ia juga meminta agar operasi yustisi tetap dilakukan, sementara itu disisi lain peningkatan kapasitas rawat pasien juga harus dilakukan.

Mengacu keterangan Wakil Gubernur Jawa Timur, saat ini memang terjadi lonjakan daerah dibeebrapa daerah, bahkan, sejumlah kabupaten dan kota ada yang kembali menjadi Zona Merah, seperti halnya Banyuwangi, Jember, Tuban, Kota Kediri, dan Kota Malang. Untuk proses penanganan, saat ini pemerintah provinsi mendorong daerah agar meningkatkan kapasitas rawat, sehingga saat pasien dirujuk ke rumah sakit bisa tetap tertangani, khususnya untuk daerah daerah dengan kluster besar.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Jawa Timur  Emil Elestianto Dardak menyampaikan, dari setiap kasus pasien yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19, akan selalau dilakukan tracing agar bisa diketahui kontak erat yang kemungkinan menjadi carier dari pasien. Sehingga mereka bisa segera tertangai sebelum menularkan ke orang lain. Ia juga memita agar stake holder tarkiat untuk terus memotivasi masyarakat agar disiplin terhadap protokol kesehatan, karena dengan disiplin prokes, menjadi cara paling efektif untuk mencegah penularan COVID-19.

Perlu diketahui bahwa, hingga pertengahan bulan Desember tahun 2020 kemarin, ada penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Jawa Timur per 14 Desember bertambah 735 kasus baru, sehingga jumlah total mencapai 71.369 kasus, dengan angka kematian 4.969 orang dan pasien sembuh mencapai 61.740 orang