Beranda NEWS MOMENT Menjelang Natal & Tahun Baru 2021, Harga Kebutuhan Pokok DI Trenggalek Mulai...

Menjelang Natal & Tahun Baru 2021, Harga Kebutuhan Pokok DI Trenggalek Mulai Meroket

634

TRENGGALEK, bioztv.id – Menjelang peringatan hari raya Natal dan Tahun baru 2021, Sjeumlah harga kebutuhan pokok di Pasar basah kabupaten Trenggalek mulai merangkak naik hingga dua kali lipat dari harga pada hari hari biasa. Lonjakan harga kebutuhan pokok ini diketahui terjadi sejak sekitar dua pekan terakhir, yaitu sejak awal bulan Desember kemarin.

Menurut keterangan Salah satu pedagang, Eko Wahyudi menyampaikan, lonjakan kebutuhan pokok yang paling tinggi didominasi oleh Kubis dan cabe. Harga kubis yang sebelumnya Rp 4.000 perkilogram kini naik menjadi Rp 20.000 perkilogram. Kalau harga cabe baik cabe kecil maupun cabe besar mengalami kenaikan. Cabe kecil dari harga normal Rp 25.000 perkilogram kini naik menjadi Rp 42.000 perkilogram, cabe besar kriting dari harga Rp 35.000 naik menjadi Rp 60.000 perkilogram.

Lebih lanjut Eko Wahyudi menjelaskan,  untuk harga seperti wortel, tomat dan telor mengalami kenaikan sebesar Rp 2000 hingga Rp 5.000 perkilogram. Bawang merah dan bawang putih harganya masih normal, harga bawang merah perkilogram saat ini Rp 28.000 perkilogram, kalau bawang putih masih Rp 21.000 perkilogram.

Eko juga menambahkan, Lonjakan harga sembako ini diduga di picu cuaca hujan selama ebberapa waktu terakhir, yang turut berdampak terhadap hasil panen. Meski terjadi lonjakan harga yang cukup tinggi sejak dua pekan terakhir, namun tidak berpengaruh banyak terhadap minat konsumen. Pasalnya, hingga saaat ini pengunjung yang belanja di pasar basah Trenggalek dinilai masih stabil seperti hari hari biasa.