Beranda NEWS MOMENT Meski Terdampak Refokusing Anggaran, Bendungan Tugu Tetap Ditargetkan Tuntas Akhir 2021

Meski Terdampak Refokusing Anggaran, Bendungan Tugu Tetap Ditargetkan Tuntas Akhir 2021

1679

TRENGGALEK, bioztv.id – Meski turut terdampak refokusing anggaran akibat pandemi Covid-19, Pembangunan Bendungan Tugu tetap ditargetkan tuntas pada akhir tahun 2021 mendatang. Bahkan, untuk proses pengisian awal bendungan atau Impounding rencananya akan direncanakan lebih awal, yaitu akan dilakukan pada awal Juni 2021.

Mengacu keterangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Tugu Trenggalek, Yudha Tantra Ahmadi menyampaikan, pembangunan bendungan Tugu ini dilaksanakan dengan beberapa paket, yaitu tahap pertama, tahap kedua dan spilway. Pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan pembangunan pada tahap dua dan spilway sehingga seluruh pembangunan dapat rampung pada akhir Desember 2021. Meski sempat terjadi refocusing anggaran karena Covid-19, tapi berkat komitmen bersama bisa terealisasi, dan pengerjaan fisik proyek  tidak terkendala.

Sementara itu saat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) proyek pembangunan Bendungan Tugu, Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek, Darfiah juga menerangkan, selama pembangunan bendungan Tugu ini pihaknya mengakui sempat ada beberapa permasalahan, baik tekhnis maupun non tekhnis, namun pihaknya menilai permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Perlu diketahui bahwa, pembangunan bendungan ini masuk sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN). Saat ini untuk tahap pertama pembangunan bendungan sudah rampung 100 persen. Sehingga tinggal tahap kedua dan spilway yang saat ini masih terus berproses. Untuk kedua saat ini juga sudah mencapai 65,84 persen dan progres spilway sudah 68, 67 persen. Sedangkan secara total keseluruhan progres pembangunan sudah mencapai 78,06 persen.