Beranda NEWS MOMENT Lonjakan Pasien Positif Covid-19 Di Trenggalek, Pjs Bupati Sebut Berawal Dari Cluster...

Lonjakan Pasien Positif Covid-19 Di Trenggalek, Pjs Bupati Sebut Berawal Dari Cluster Baru

1034

TRENGGALEK, bioztv.id – Mendadak terjadi lonjakan jumlah pasien positif corona di Kabupaten Trenggalek, Pjs Bupati akui ada cluster penularan baru. Cluster tersebut diantaranya kasus penularan terhadap santri dari cluster al-anwar. Selain itu, di Kecamatan Dongko, petugas juga mulai menelusuri dugaan penularan dari cluster kegiatan keagamaan.

Mengacu keterangan Pjs.Bupati Trenggalek, cluster Al-Anwar dinilai menjadi salah satu peyumbang terjadinya lonjakan pasien positif corona di Kabupaten Trenggalek. Meski demikian pihaknya mengaku sudah berusaha lakukan penanganan secara maksimal, yaitu dengan memberlakukan karantina bagi para santri yang terkonfirmasi positif covis-19. Sementara itu untuk dugaan penularan dari cluster kegiatan keagamaan yang ada di Kecamatan Dongko, saat ini masih proses tracing dan pemeriksaan Swab terhadap kontak erat.  

Lebih lanjut Pjs.Bupati Trenggalek, Beni Sampirwanto menyampaikan, Sebagai bentuk kehati hatiannya, untuk tracing dari cluster kegiatan keagamaan di Kecamatan Dongko pihaknya sudah memberikan arahan kepada camat dan kepala desa, agar dilakukan karantina RT atau RW. Hingga16 Nopember kemarin, petugas juga sudah melakukan Swab terhadap 46 orang dari cluster kegiatan kegamaan tersebut, namun untuk pengumuman jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 masih harus menunggu.

Beni juga menjelaskan, Munculnya custer kegamaan tersebut berawal dari adanya orang tanpa gejala (OTG) yang akhirnya diketahui positif terpapar Covid-19. Sebelum dinyatakan positif, OTG tersebut sempat melakukan kegiatan kegamaan di rumahnya. Sementara itu OTG itu diduga juga tidak memahami jika dirinya adalah OTG. Sedangkan saat melakukan kegiatan kegamaan mayoritas peserta juga tidak menggunakan masker ataupun penerapan protokol kesehatan.