Beranda Advetorial Mas Ipin Sebut Kolaborasi Peternakankan Sapi “Mandiri Jati Bersemi” Layak Dijadikan Prototipe

Mas Ipin Sebut Kolaborasi Peternakankan Sapi “Mandiri Jati Bersemi” Layak Dijadikan Prototipe

221

TRENGGALEK, bioztv.id – Sistem peternakan sapi oleh kelompok “Mandiri Jati Bersemi”, yang ada di Kecamatan Karangan dinilai layak menjadi prototipe bagi peternak lain di Kabupaten Trenggalek. Kelompok tersebut menerapkan sistem peternakan kandang komunal yang dikelola oleh kelompok. Sehingga mempermudah proses perawatan.

Seperti inilah saat calon Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengunjungi kandang peternakan sapi program binaan salah satu bank pelat merah di Desa Jati, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Disini Mas Ipin melihat sapi-sapi yang dirawat oleh Kelompok Peternak Mandiri Jati Bersemi. Puluhan sapi potong dirawat dalam satu kandang komunal. Hal ini membuat perawatan hingga pemasarannya lebih ekfektif ketimbang para peternak merawat sapi terpencar di rumah masing-masing.

Calon Bupati Trenggalek nomr urut 2, Mochamad Nur Arifin atau yang akrab disapa Mas Ipin menyampaikan, peternakan sapi potong disini bisa berjalan maksimal sebab adanya kolaborasi berbagai pihak. Yakni warga, pemerintah, dan pihak swasata. Pihak swastanya di sini punya dana dari lembaga amil zakat yang mereka digunakan untuk pemberdayaan. Sementara itu pemerintah, memastikan sapi potong yang diternakkan terserap pasar. Caranya, pemerintah daerah menghubungkan kelompok peternakan itu dengan Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada.

Berkaca dari keberhasilan sistem peternakan hasil kolaborasi kelompok “Mandiri Jati Bersemi”, yang menerapkan Pola pendampingan oleh pihak swasta dan pemerintah ini,  Mas Ipin menilai peternakan di Desa Jati ini bisa dijadikan prototipe bagi peternak sapi lain yang ada di Kabupaten Trenggalek.