Beranda NEWS MOMENT Tidak Ada Dalam PKPU, KPU Trenggalek Pastikan Tidak Merekrut Petugas Keamanan TPS

Tidak Ada Dalam PKPU, KPU Trenggalek Pastikan Tidak Merekrut Petugas Keamanan TPS

249

TRENGGALEK, bioztv.id – Tidak ada dalam peraturan komisi pemilihan umum (PKPU), KPU Trenggalek pastikan tidak bisa melakukan perekrutan petugas keamanan atau Linmas untuk masing masing tempat pemungutan suara (TPS). Dimungkinkan, petugas keamanan itu akan menjadi tanggung jawab dari pemerintah daerah.

Berdasarkan keterangan ketua KPU Trenggalek, sesuai petunjuk tekhnis (Juknis) yang ada dalam PKPU, yang bisa dilakukan perekrutan oelh KPU adalah SDM untuk PPK, PPS, hingga KPPS, namun untuk perekrutan petugas keamanan di tingkat TPS tidak bisa dilakukan, karena tidak ada dalam PKPU. Sementara itu dari hasil koordinasi sementara KPU Trenggalek dengan KPU Provinsi, dimungkinkan petugas keamanan itu akan emnjadi tanggung jawab dari Pemerintah daerah setempat.

Lebih lanjut Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi menyampaikan, Saat ini pihaknya sudah melakukan perekrutan KPPS sebanyak 7 orang di masing masing TPS, sementara itu jumlah TPS se Kabupaten Trenggalek sebanyak 1.550 TPS. Sedangkan kebutuhan petugas keamanan TPS biasanya sebanyak 2 orang di masing masing TPS.

Gembong juga menjelaskan, Untuk anggaran honor bagi petugas Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), bagi anggota akan mendapatkan honor sebesar 600.000 rupiah, dan ketua KPPS akan mendapat honor sebesar 650.000 rupiah. Sedangkan untuk honor petugas keamanan diperkirakan sebesar 500.000 rupiah per orang, tapi anggaran petugas keamanan itu tidak akan menjadi tanggungan KPU.