Beranda NEWS KRIMINAL Pernah 2 Kali Ditangkap, Pengepul Benur di Trenggalek Kembali Diringkus

Pernah 2 Kali Ditangkap, Pengepul Benur di Trenggalek Kembali Diringkus

323

TRENGGALEK, bioztv.id – Pernah dua kali ditangkap petugas gara gara benur, pengepul baby lobster asal Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek kembali diringkus petugas. Dari hasil penangkapan tersebut, petugas juga mengamankan barang bukti berupa ribuan beby lobster atau benur jenis pasir dan jenis mutiara.

Penangkapan pengepul benur di Trenggalek ini diketahui terjadi pada 20 Agustus kemarin, pelaku adalah ED warga Desa Margomulyo, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Menurut pengakuannya, sebelum ditangkap petugas, yang bersangkutan sudah pernah mengirimkan baby lobster sebanyak 5 kali ke PT dengan inisial TAM, yang merupakan pengepul utama. Benur tersebut di dapatnya dari 16 nelayan yang ada di perairan teluk Prigi.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menyampaikan, Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 2.367 baby lobster yang di masukan di dalam kantong plastik yang sudah di beri oksigen dan seperangkat alat yang di gunakan untuk mengemas benur sebelum di kirim. Jenis benur yang di tangkap yakni,  jenis pasir sebanyak 2.300 ekor dan benur jenis mutiara sebanyak 67 ekor. Selanjutnya, polisi juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk proses pelepasan benur dan menindaklanjuti proses hukumnya.

Perlu diketahui bahwa, Mengacu peraturan yang berlaku, untuk nelayan penangkap Benih Bening Lobster (BBL) harus ada penetapan yang di keluarkan dari Dirjend Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Selanjutnya, setelah mengantongi legalitas penetapan, jika nelayan tersebut akan menangkap BBL maka harus mengajukan SKAB (Surat Keterangan Asal Benih) yang di terbitkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten setempat.