Beranda NEWS MOMENT Pansus 1 DPRD, Ijin Usaha Tambak Udang Di Trenggalek Mayoritas Terganjal...

Pansus 1 DPRD, Ijin Usaha Tambak Udang Di Trenggalek Mayoritas Terganjal AMDAL

646

TRENGGALEK, bioztv.id – Legalitas ijin usaha tambak udang di Kabupaten Trenggalek ternyata banyak yang belum terpenuhi, Mereka terkendala dari segi analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal). Sementara itu salah satu persyaratan mendapatkan legalitas usahanya tersebut, harus melampirkan hasil Amdal.

Mengacu hasil sidak Pansus 1 DPRD Trenggale, diketahui bahwa hingga saat ini masih banyak tambak udang yang belum mengantongi ijin usaha. Pansus 1 mencontohkan keberadaan tambak yang ada di Kecamatan Munjungan, disana hanya ada 1 tambak udang yang sudah mengantongi legalitas. Sementara itu kebanyakan pengusaha tambak lainnya belum mengantongi ijin usaha karena masih terkendala Amdal.

Lebih lanjut Ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, Terkait legalitas bagi pelaku usaha tambak udang ini, pihaknya meminta agar segera ditertibkan, jika tidak ditertibkan dikhawatirkan justru menimbulkan permasalahan baru terkait kerusakan kawasan wisata. Karena mayoritas tambak udang tersebut lokasinya berdekatan dengan obyek wisata.

Pihaknya juga menegasakan bahwa, penertiban legalitas tersebut bukan berarti mempersulit pelaku usaha tambak udang, namun hal tersebut dilakukan demi kebaikan bersama, agar semuanya bisa berjalan dengan baik, dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Sebelumnya diketahui bahwa, tinjau terkait kesesuaian perda RTRW dengan kondisi terkini dikawasan wisata dan daerah pesisir Trenggalek, Pansus 1 DPRD Trenggalek soroti keberadaan limbah tambak udang di Kabupaten Trenggalek. Tambak udang tersebut tersebar di sejumlah lokasi, seperti halnya di Kecamatan Watulimo, Kecamatan Munjungan dan Kecamatan Panggul.

Menurutnya Pansus 1 pengelolaan limbah tambak udang harus segera ditertibkan. Jika tidak segera ditertibkan, pihaknya khawatir akan terjadi pencemaran lingkungan yang lebih parah, seperti yang terjadi di kawasan pesisir Pantai Utara.