Beranda NEWS MOMENT Menjelang Idul Adha, Hewan qurban di Sejumlah Pasar Yang Ada di Trenggalek...

Menjelang Idul Adha, Hewan qurban di Sejumlah Pasar Yang Ada di Trenggalek Diperiksa

154

TRENGGALEK, bioztv.id – Pastikan kelayakan hewan kurban pada hari raya idul adha ditengah era new normal, Tim gabungan mulai sidak sejumlah pasar hewan untuk melakukan pemeriksaan kelayakan hewan qurban. Kegiatan ini akan terus dilakukan secara bergantian di seluruh pasar hewan yang ada di Trenggalek.

Pemeriksaan hewan kurban di kabupaten Trenggalek akan dilakukan secara bertahap higga menjelang hari H perayaan Idul Adha. Langkah ini di lakukan untuk memastikan layak dan tidaknya hewan tersebut di gunakan untuk qurban. Selain melakukan pengecekan hewan, petugas juga menekankan agar para pedagang dan para ca;on pembeli yang ada di pasar bisa tertib protokol kesehatan. Sepertihalnya rajin cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Menanggapi hal ini Plt. Kepala Dinas Pertanian dan pangan Didik Susanto menyampaikan, Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap  sapid an kambing yang ada di sejumlah pasar hewan, pihaknya belum menemukan hewan kurban yang tidak sehat maupun cacat.

Didik juga menambahkan, Untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini  bisa diketahui dari kondisi tubuh hewan tersebut. Yaitu dengan cara melihat ekor dan lubang kotoran kambing, dari situ kondisi hewan bisa dilihat apakah kondisinya sehat atau sakit.