Beranda NEWS Komisi 1 DPRD Bongkar Predikat WTP Trenggalek Yang Masih Sisakan Sejumlah Persoalan

Komisi 1 DPRD Bongkar Predikat WTP Trenggalek Yang Masih Sisakan Sejumlah Persoalan

378

TRENGGALEK, bioztv.id – Komisi 1 DPRD Trenggalek bongkar predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) pengelolaan APBD Kabupaten Trenggalek tahun 2019. Pasalnya, meski meraih predikat WTP dari badan pemeriksa keuangan (BPK) RI, namun masih menyisakan sejumlah persoalan yang harus segera dituntaskan.

Menurut ketua komisi 1 DPRD Trenggalek, terkait predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK untuk APBD Trenggalek tahun 2019 tersebut adalah untuk prosedur penyajian laporan  yang sudah terpenuhi, artinya administrasinya sudah sesuai, namun belum tentu untuk isinya. Pasalnya, WTP yang diraih pemkab Trenggalek ini, isinya masih menyisakan catatan, yaitu berupa sejumlah temuan dari BPK yang harus segera ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah. Sepertihalnya adanya temuan ratusan asset yang belum tersertifikasi, temuan proses penganggaran konsultan bangunan gedung yang tidak sesuai, dan beberpa tamuan lain yang harus segera di tindak lanjuti.

Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menjelaskan, Predkat WTP ada beberapa klasifikasi, seperti halnya WTP dengan catatan, dan WTP yang benar benar murni tanpa ada permasalahan.  Sehingga predikat WTP tidak bisa menjamin terbebas dari penggilan KPK maupun kejaksaan.

Sebelumnya diketahui bahwa, Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali raih Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. Opini WTP ini merupakan WTP ke-4 yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek selama empat tahun terakhir secara berturut-turut. MEski demikian BPK juga menemukan sejumlah kegiatan yang harus segera ditindaklanjuti.