Beranda NEWS MOMENT Hari Raya Idul Adha Ditengah Pandemi Corona, Bupati Minta Perbanyak Tempat Sholat...

Hari Raya Idul Adha Ditengah Pandemi Corona, Bupati Minta Perbanyak Tempat Sholat Ied

203

TRENGGALEK, bioztv.id – Hari raya idul adha pada masa New Normal ditengah pandemic corona, Bupati Trenggalek minta perbanyak lokasi tempat sholat ied, sehingga jumlah jamaah di masing masing tempat ibadah bisa lebih ditekan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona ditempat ibadah.

Mengacu keterangan Bupati Trenggalek, Dengan semakin banyak yang menyelenggarakan Salat Id maka protokol kesehatan pada ibadah tersebut dapat terwujud, karena jamaahnya tidak tersentral hanya pada satu tempat ibadah saja melainkan terbagi di banyak tempat ibadah. Selain itu dengan semakin banyak mushola dan masjid yang menyelenggarakan shola tied,  masyarakat cukup beribadah dilingkungannya masing-masing dan tidak perlu melakukan perjalanan untuk menuju tempat ibadah yang jaraknya lebih jauh.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Meskipun tidak ada pelarangan perayaan Idul Adha, Pemerintah daerah tetap melarang kegiatan Takbir keliling, karena kegiatan ini dianggap bsa membawa resiko penularan virus corona. Sedangkan takbir bisa dilakukan di Mushola dan Masjid yang ada dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Nur Arifin juga menambahkan, pihaknya menghimbau agar para jamaah yang ikut shola tied dipasikan dalam kondisi sehat, selain itu juga dihimbau agar membawa alat salat masing-masing dari rumah, menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, tidak melakukan salaman dan menjaga jarak minimal 1 meter. Sedangkan untuk hewan kurban diminta agar dipotong secara higienis dan langsung diberikan kepada penerima, tanpa harus mengantri dilokasi pembagian.