Beranda NEWS MOMENT Tahun Ini Pembangunan MCK Untuk Warga Di 35 Desa Se-Trenggalek Digelontor Anggaran...

Tahun Ini Pembangunan MCK Untuk Warga Di 35 Desa Se-Trenggalek Digelontor Anggaran 3,5 M

296

TRENGGALEK, bioztv.id – Tahun ini, pembangunan sanitasi berupa tempat kamar mandi, tempat mencuci dan kakus atau MCK digelontor anggaran hingga 3,5 Miliar Rupiah. Bantuan pembangunan MCK tersebut diperuntukkna bagi  rumah yang belum memiliki MCK dan dihuni ibu hamil atau bayi dengan usia dibawah 3 tahun.

Sedikitnya akan ada 350 sarana sanitasi berupa MCK baru yang akan dibangun di rumah-rumah warga. Bangunan tersebut diberikan untuk 10 desa yang ada di 7 kecamatan yang  prefelansi stuntingnya masih tinggi, yakni di atas 20 persen. Sejumlah desa yang mendapat bantuan tersebut antara lain Desa Ngrandu, desa Nglebo, Desa Puru, Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh. Desa Cakul Kecamatan Dongko, Desa Kayen Kecamatan Karangan, Desa Dawuhan Kecamatan Trenggalek. Desa Kedunglurah Kecamatan Pogalan, Desa Jajar Kecamatan Gandusari, dan Desa Botoputih Kecamatan Bendungan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Trenggalek Muyono menyampaikan, dalam setiap tahunnya pihaknya mengusulkan ke pusat untuk pembangunan sanitasi. Pada tahun ini untuk membangun seluruh jamban pihaknya menerima suntikan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 3,5 miliar untuk 350 rumah, sehingga setiap rumah akan menerima bantuan sebesar  10 juta rupiah.

Seperti dberitakan sebelumnya, untuk menekan angka stunting di Kabupaten Trenggalek, sejumlah desa yang ada di 7 kecamatan digelontor bantuan pembangunan sanitasi berupa tempat kamar mandi, tempat mencuci dan kakus atau MCK. Pasalnya, untuk menekan angka stunting masyarakat harus memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.