Beranda NEWS MOMENT Tekan Stunting, 7 Kecamatan Di Kabupaten Trenggalek Digelontor Bantuan Pembangunan Sanitasi

Tekan Stunting, 7 Kecamatan Di Kabupaten Trenggalek Digelontor Bantuan Pembangunan Sanitasi

299

TRENGGALEK, bioztv.id – Tekan angka stunting di Kabupaten Trenggalek, sejumlah desa yang ada di 7 kecamatan digelontor bantuan pembangunan sanitasi berupa tempat kamar mandi, tempat mencuci dan kakus atau MCK. Pasalnya, untuk menekan angka stunting masyarakat juga harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Berdasarkan data yang ada, hingga saat ini sedikitnya masih ada sekitar 24 persen warga Trenggalek yang belum punya sarana sanitasi yang sehat. Sementara itu salah satu penyebab terjadinya stunting pada anak anak adalah pola hidup warga yang kurang sehat, sepertihalnya buang air besar sembarangan, kondisi kebersihan kurang layak, hingga sanitasi yang buruk.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Pihaknya akan terus melakukan upaya untuk menekan angka stunting terutamanya di daerah dataran tinggi. Salah satunya mengupayakan pemberian bantuan pembangunan sanitasi, hingga sosialisasi dan pembinaan langsung melakui petugas kesehatan.

Bupati juga menambahkan, untuk bantuan pembangunan sanitasi pda tahun ini sedikitnya ada 350 sarana sanitasi berupa MCK baru akan dibangun di rumah-rumah warga yang ada di 10 desa prioritas penanganan stunting yang tersebar di 7 kecamatan se Kabupaten Trenggalek. Bantuan tersebut diutamakan untuk rumah yang belum memiliki MCK dan dihuni ibu hamil atau bayi dengan usia dibawah 3 tahun.