Beranda NEWS MOMENT Diduga Minim Inovasi & Kurang Pro Aktif, SD Negeri di Trenggalek Kurang...

Diduga Minim Inovasi & Kurang Pro Aktif, SD Negeri di Trenggalek Kurang Diminati Warga

1057

TRENGGALEK, bioztv.id – Terus menurunnya minat warga untuk menyekolahkan anaknya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) kembali disoroti Komisi 4 DPRD Trenggalek. Pasalnya, dari tahun ke tahun kondisi ini terus bertambah parah, dan belum ada solusi yang tepat dari dinas terkait, akibatnya, sejumlah SD mengalami kekurangan murid.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan komisi 4 DPRD Trengggalek, Selama beberapa tahun terakhir SD Negeri mengalami penurunan kepercayaan dari masyarakat, akibatnya, banyak wali murid yang memilih memasukkan anaknya ke sekolah swasta, seperti halnya MI maupun sekolah dasar lain yang dikelola oleh yayasan. Menurut Komisi 4, hal tersebut terjadi diduga karena minimnya inovasi di SD Negeri, sementara itu sekolah sekolah swasta selalu menawarkan berbagai inovasi baru, baik dari segi proses pembelajaran, maupun inovasi lain di Sekolah.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi 4 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap SD Negeri, pihaknya menekankan agar Kepala sekolah maupun guru guru yang ada di SD Negeri juga pro aktif untuk berinovasi, seperti halnya pro aktif mendekati warga, tokoh masyarakat, calon murid maupun calon wali murid untuk mensosialisaikan keunggulan maupun inovasi yang ada di SD Negeri. Sehingga kepercayaan masyarakat untuk kembali memasukkan anaknya di SD Negeri bisa berangsur membaik.

Ketua Komisi 4 juga menambahkan, menurunnya minat warga mensekolahkan anaknya di SD Negeri ini diduga juga turut dipicu oleh banyaknya SD Negeri yang tidak memiliki kepala sekolah definitif. Pasalnya, hingga saat ini kekosongan kepala sekolah di sejumlah  SD Negeri juga belum bisa terisi. AKibatnya, Sekolah tersebut minim inovasi dan kepercayaan masyarakat terhdap sekolah tersebut menurun.