Beranda NEWS MOMENT Riwayat Pasien 28 Trenggalek, DIketahui Positif Usai Belanja HP & Hendak Balik...

Riwayat Pasien 28 Trenggalek, DIketahui Positif Usai Belanja HP & Hendak Balik Kerja Ke Mataram

4357

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasien positif corona ke 28 di Trenggalek, yang merupakan laki laki usia 32 tahun asal Desa Sukowetan, diduga tertular dari perjalananya antara Mataram NTB hingga Trenggalek. Meski demikian yang bersangkutan baru diketahui positif terpapar corona saat hendak kembali ke tempat kerjanya di Mataram.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, pasien positif corona ke 28 ini, pada 13 Juni sudah melakukan rapid test di Mataram dengan hasil non reaktif, kemudian pada 14 Juni yang bersangkutan mendarat di Bandara International Juanda dan melanjutkan perjalanan ke Trenggalek bersama 3 rekannya dari Kabupaten lain dengan tujuan Blitar dan Tulungagung. Sesampainya di Trenggalek yang bersangkutan dalam kondisi sehat dan selanjutnya melakukan Isolasi Mandiri dirumah. Kemudian pada 27 Juni, Pasien 28 berencana kembali ke Mataram. Kemudian pergi ke Toko Seluler di Kota Trenggalek untuk membeli HP dan kemudian lanjut pergi ke klinik swasta untuk mencari surat keterangan sehat untuk persyaratan perjalanan. 

Dalam pers rilisnya, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Trenggalek, dr Murti Rukiyandari menyampaikan, Dari hasil rapid test yang dilakukan pasien 28 di klinik swasta menunjukkan bahwa yang bersangkutan reaktif, kemudian pada 28 juni dilanjutkan pemeriksaan swab test, sedangkan hasilnya diketahui pada 1 Juli bahwa yang bersangkutan positif terpapar virus corona.

Dengan tambahan 1 kasus baru ini, maka Pemkab Trenggalek segera mengambil beberapa langkah penanganan, diantaranya melakukan isolasi kepada pasien 28 di ruang isolasi Asrama Covid 1 (ASCOV 1) Trenggalek untuk dipantau perkembangan kesehatannya. Selain itu juga melakukan edukasi dan menerapkan isolasi mandiri di Rumah bagi kontak erat/ OTG pasien 28 dengan pengawasan secara ketat oleh Satgas Desa.