Beranda NEWS MOMENT Dalam Waktu Dekat, Pondok Pesantren New Normal Di Trenggalek Segera Diberlakukan

Dalam Waktu Dekat, Pondok Pesantren New Normal Di Trenggalek Segera Diberlakukan

58

TRENGGALEK, bioztv.id – Pemberlakuan tatanan New Normal di lingkungan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Trenggalek akan segera dimulai. Saat ini pemerintah daerah sudah mempersiapkan sejumlah protokol kesehatan yang sesuai untuk lingkungan Pondok Pesantren saat New Normal diberlakukan.

Berdasarkan keteranga Bupati Trenggalek, untuk mempersiapkan Pondok Pesantren (Ponpes) New Normal ini, pihaknya sudah melakukan diskusi dengan sejumlah pengasuh ponpes, dan beberapa ormas islam seperti Nahdlotul Ulama. Pondok pesantren yang menerapkan New Normal, nantinya juga harus mentaati protokol kesehatan yang ada, seperti wajib memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak saat melakukan proses belajar mengajar, jika tidak dimungkinkan, agar bisa menampung santri yang lebih banyak nantinya di setiap kelas bisa diberikan sekat plastik transparan.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, saat ini  sudah ada 1 Pondok Pesantern di Kecamatan Karangan yang menjadi percontohan penerapan New Normal. Mengingat saat ini belum ada transmisi penularan lokal virus corona di Trenggalek, pihaknya menilai santri lokal sudah bisa kembali belajar di Pondok Pesantren dengan syarat mamatuhi protokol kesehatan.

Bupati juga menambahkan, untuk penerimaan santri yang berasal dari luar kota, nantinya harus dilakukan screening terlebih dahulu, dan dipastikan santri dari luar kota yang masuk tersebut dalam keadaan sehat dan terbebas dari virus corona. Selain itu, tempat tidur untuk santri dari luar kota yang baru datang juga harus dipisahkan dengan santri lokal.