Beranda NEWS Menjelang New Normal, Fraksi PKB DPRD Trenggalek Menilai Check Point Sudah Tidak...

Menjelang New Normal, Fraksi PKB DPRD Trenggalek Menilai Check Point Sudah Tidak Efektif

81

TRENGGALEK, bioztv.id – Menjelang penerapan New Normal, Fraksi PKB menilai Check Point di pintu masuk Kabupaten Trenggalek sudah tidak efektif lagi, terlebih, selama ini temuan kasus positif corona dinilai tidak ada yang berkaitan dengan check point. Kasus positif corona mayoritas berawal dari temuan gugus tugas di tingkat desa.

Menurut Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Trenggalek, mengacu riwayat dari 13 pasien di Kabupaten Trenggalek yang dinyatakan Positif corona, tidak ada pasien yang riwayatnya hasil dari temuan check point, rata rata mereka justru berawal dari temuan atau laporan riwayat perjalanan yang disampaikan oleh gugus tugas di tingkat  desa. Berkaca dari hal ini, check point di kawasan perbatasan Trenggalek dinilai sudah tidak efektif lagi, dan justru terkesan pemborosan anggaran semata.

Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Trenggalek, M Hadi juga menjelaskan, menjelang penerapan New Normal ini yang seharusnya lebih diperkuat oleh pemerintah daerah adalah gugus tugas yang ada di tingkat desa. Pasalnya, saat ini kesadaran masyarakat di tingkat bawah mulai dari tigkat RT sudah terbangun, sehingga kesadaran masyarakat tersebut juga harus didukung dan lebih diperkuat saat diterapkannya tatanan New Normal.

Selain menyorot keberadaan Check Point yang dinilai sudah tidak efektif, Fraksi PKB juga menilai penutupan gang masuk lingkungan juga sudah selayaknya dicabut, karena yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Terlebih, saat gang di tutup perekonomian warga juga terdampak. Seperti halnya pedagang keliling tidak bisa masuk, dan tidak bisa berjualan. Jika gang gang mulai dibuka, maka pedagang keliling juga bisa kembali beraktifitas seperti biasa, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.