Beranda NEWS MOMENT Buka Layanan Khusus Emergency, Petugas Dukcapil Trenggalek Pakai Baju Hasmat & APD...

Buka Layanan Khusus Emergency, Petugas Dukcapil Trenggalek Pakai Baju Hasmat & APD Lengkap

63

TRENGGALEK, bioztv.id – Mulai buka layanan di kantor khusus untuk pengurusan administrasi kependudukan yang bersifat emergency, sejumlah pegawai dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Trenggalek gunakan baju hasmat dan APD lengkap. Sementara itu pengunjung juga diwajibkan mamatuhi protokol kesehatan.

Seperti inilah proses pelayanan darurat di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil (DIspendukcapik) Kabupaten Trenggalek menjelang tatanan New Normal, pelayanana ini hanya di khususkan bagi pelayanan adminduk yang bersifat emergency atau darurat saja. Sementara itu untuk pelayanan adminduk yang bersifat umum dilakukan secara online, atau pemohon cukup datang ke balai desa ataupun kantor kelurahan masing masing. Nantinya, setelah dokumen adminduk jadi, akan dikirim oleh ojek online ke kantor desa masing masing, selanjutnya pihak desa yang akan mendistribusikannya.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Trenggalek Suprapti menyampaikan, Selama memberikan pelayanan khusus untuk adminduk yang bersifat darurat ini, petugas yang berhadapan langsung dengan pemohon juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), seperti halnya baju hazmat, sarung tangan, faceshiel, dan masker. Sedangkan untuk pemohon juga diwajibkan cuci tangan, memakai masker, serta mamatuhi protokol kesehatan yang ada.

Perlu diketahui bahwa, selama membuka layanan di kantor khusus untuk layanan adminduk yang bersifat darurat ini, tidak semua petugas dilengkapi dengan baju hazmat, Petugas yang menggunakan baju hazmat hanyalah petugas yang menerima berkas, atau petugas yang harus berhadapan langsung dengan pemohon saja. Sementara itu untuk pegawai yang tidak berhubungan langsung dengan pemohon hanya diwajibkan memakai masker dan mamatuhi protokol kesehatan.