Beranda NEWS Keringanan Angsuran Saat Pandemi Corona, Tidak Semua Nasabah Langsung Bisa Menikmati

Keringanan Angsuran Saat Pandemi Corona, Tidak Semua Nasabah Langsung Bisa Menikmati

68

TRENGGALEK, bioztv.id – Kebijakan keringanan angsuran selama pandemi corona sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11 Tahun 2020 ternyata tidak otomatis langsung bisa dinikmati semua nasabah atau debitur, pasalnya, sejumlah bank juga memiliki syarat syarat dan kebijakan tertentu sesuai management masing masing.

Berdasarkan hasil hearing antara komisi 2 DPRD Trenggalek dan sejumlah Bank maupun lembaga pembiayaan yang ada di Trenggalek, diketahui bahwa, untuk memberikan keringanan angsuran bagi debitur atau nasabah harus dilakukan restrukturisai terlebih dahulu, sehingga harus ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Ketua komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, Untuk bisa mendapatkan keringanan angsuran saat pandemic corona ini, debitur atau nasabah harus mendaftar terlebih dahulu ke bank atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman. Kemudian pihak Bank akan melakukan restrukturisasi terhadap debitur tersebut. Sehingga tidak serta merta debitur bisa mendapatkan keringanan angsuran jika ia tidak mendaftarkan dirinya.

Perlu diketahui bahwa, sesuai instruksi pemerintah pusat, den=bitur yang berhak mendapatkan keringanan ini adalah mereka yang emiliki nilai kredit atau leasing di bawah 10 miliar rupiah. Syarat ini ditujukan bagi pekerja informal berpenghasilan harian, usaha mikro dan usaha kecil, yang mengambil kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan kredit usaha rakyat (KUR). Sementara itu untuk sektor usaha yang menjadi sasaran kebijakan keringanan angsuran ini antara lain, sektor pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian, dan pertambangan.