Beranda NEWS MOMENT Dilaporkan Langgar Kode Etik, Oknum Komisioner KPU Trenggalek Disidang DKPP

Dilaporkan Langgar Kode Etik, Oknum Komisioner KPU Trenggalek Disidang DKPP

83

TRENGGALEK, bioztv.id – Diduga langgar kode etik penyelenggara pemilu (KEPP)  , oknum anggota KPU Trengglek akan disidang dewan kehormatan penyelenggaraan pemilu (DKPP). Sidang ini dilaksanakan secara virtual pada 5 mei mulai pukul 09.00 WIB, dan disiarkan langsung melalui fans page DKPP.

Berdasarkan rilis resmi DKPP, perkara yang akan disidangkan ini adalah perkara nomor 47-PKE-DKPP/IV/2020, yang diadukan oleh Ahmad Najib. Ia mengadukan anggota KPU Kabupaten Trengglek, Nurani Soyomukti. Dalam pokok aduannya, Nurani diduga telah membocorkan identitas dan alamat Ahmad Najib ketika melaporkan tanggapan atas proses rekrutmen calon anggota PPS untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Trengglek tahun 2020.

Sesuai dengan ketentuan pasal 31 ayat (1) peraturan DKPP nomor 2 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan DKPP nomor 3 tahun 2017 tentang pedoman beracara kode etik penyelenggara pemilihan umum, sidang ini akan dipimpin oleh anggota DKPP bersama tim pemeriksa daerah (TPD) Provinsi Jawa Timur.

Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno, juga menyampaikan bahwa siding ini merupakan siding perdana dengan agenda mendengarkan keterangan pengadu dan teradu atau saksi-saksi dan pihak terkait yang dihadirkan.

Berdasarkan surat keputusan (SK) 016/SK/K.DKPP/set.03/V/2020 tentang tata cara pelaksanaan sidang pemeriksaan DKPP secara virtual pada masa darurat penanganan pandemic covid-19, sidang akan dilakukan secara virtual melalui fasilitas video conference dkpp. Ketua majelis berada di di ruang sidang dkpp, jakarta, dan para pihak berada di daerah mereka masing-masing. Sidang ini akan ditayangkan melalui fans page DKPP. Sehingga masyarakat dan media dapat menyaksikan jalannya sidang pemeriksaan melalui live streaming facebook DKPP, @medsosDKPP.