Beranda NEWS MOMENT Dindikpora Trenggalek, “Kelas Physical Distancing Menjadi Solusi Bagi Daerah Sulit Jaringan Internet”

Dindikpora Trenggalek, “Kelas Physical Distancing Menjadi Solusi Bagi Daerah Sulit Jaringan Internet”

69

TRENGGALEK, bioztv.id – Ditengah pandemi corona yang melanda saat ini, Kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga menilai program kelas physical distancing bisa menjadi solusi pembelajaran bagi daerah yang tidak terjangkau internet.  Sehingga tidak ada lagi anak didik ang tertinggal hak pendidikannya selama pandemi corona.

Menurut keterangan Kepala DInas pendidikan pemuda dan olahraga (DIndikpora) Kabupaten Trenggalek, Pandemi corona yang melanda saat ini dinilai sangat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar disekolah. Tidak hanya untuk kelompok bermain PAUD saja, namun juga turut mengganggu pembelajaran di tingkat TK, SD, maupun SMP sederajat.

Lebih lanjut Kepala DInas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek, Totok Rijanto menyampaikan, pola pembelajaran physical distancing ini akan direplikasi kepada semua lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Trenggalek.  Khususnya lembaga pembelajaran yang memang tidak terjangkau jaringan internet dan juga wali murid yang tidak memiliki perangkat komunikasi yang memadai.

Perlu diketahui bahwa, Kelas Physical Distancing ini dilakukan dengan cara, guru mengunjungi dan memberikan pembelajaran di rumah orang tua murid, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah pembelajaran, dan memakai masker selama pembelajaran. Selain itu jumlah anakjuga dibatasi dan selalu menjaga jarak.  Sementara itu untuk kelas Physical Distancing bagi PAUD dilaksanakan seminggu sekali di rumah salah satu rumah wali murid, dan diikuti sekitar 4 anak usia 4 sampai 6 Tahun yang lokasi rumahnya berdekatan dan tidak bisa mengakses internet.