Beranda NEWS Komisi 2 DPRD Trenggalek, Kebijakan Keringanan Angsuran Masing Masing Bank Tidak Sama

Komisi 2 DPRD Trenggalek, Kebijakan Keringanan Angsuran Masing Masing Bank Tidak Sama

96

TRENGGALEK, bioztv.id – Implementasi dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11 Tahun 2020 terkait keringanan angsuran dari bank atau lembaga pembiayaan bagi nasabah yang terdampak pandemi corona ternyata tidak sama. Penerapan kebijakan tersebut masih mengacu dari management masing masing  lembaga.

Dari hasil pemanggilan sejumlah Bank maupun lembaga pembiayaan yang ada di Trenggalek, diketahui bahwa ada beberapa kategori dalam proses pemberian relaksasi atau keringanan bagi debitur terdampak corona. Salah satu bank yang ada di Trenggalek ada yang menerapkan keringanan angsuran berdasarkan kategori dampak pandemi corona yang ditimbulkan, apakah kategori terdampaknya berat, sedang atau ringan.

Ketua komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, Bank di Trenggalek yang dinilai memiliki kebijakan bagus terkait keringanan angsuran ini adalah BPR Jwalita dan BTN Cabang Trenggalek. Kebijakan di Bank ini, untuk nasabah mengalami dampak berat akan diberi keringanan berupa penundaan pembayaran angsuran pokok dan bunga. Sedangkan untuk yang dinilai terdampak sedang, akan diberi keringanan berupa membayar bunga angsuran saja dan pembayaran pokoknya ditunda. Sementara itu untuk yang terdampak ringan akan mendapatkan keringanan berupa pengurangan nilai pembayaran pokok dan bunga, atau perpanjangan waktu angsuran.

Pranoto juga menambahkan, mengingat kebijakan dari BPR Jwalita dan BTN cabang Trenggalek ini dinilai cukup membantu dan mampu menolong masyarakat ditengah pendemi corona, pihaknya berharap agar bank bank lain maupun lembaga pembiayaan lain yang ada di Trenggalek juga bisa memaksimalkan kebijakannya untuk membantu masyarakat selama pandemic corona.