Beranda NEWS Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sejumlah Usaha Penampungan Tanah Langgar Sepadan Sungai

Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sejumlah Usaha Penampungan Tanah Langgar Sepadan Sungai

83

TRENGGALEK, bioztv.id – Tindak lanjuti usulan Ranperda terkait perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW), Pansus 1 DPRD Trenggalek sidak ke lapangan. Hasilnya, masih ditemukan sejumlah kegiatan yang tidak sesuai sengan peruntukan lokasi. Seperti masih adanya usaha penampungan tanah yang melanggar sepadan sungai.

Kegiatan usaha penampungan tanah yang tidak sesuai dengan peruntukan lahan sesuai RTRW ini diketahui terjadi dibeberapa lokasi, beberpaa diantaranya ada di Kecamatan Tugu, Kecamatan Pogalan, Kecamatan karangan. Ketidaksesuaian ini terkad karena lokasi usaha tersebut terlalu dekat dengan sungai, sehingga kegiatan usaha tersebut berpotensi melanggar garis batas sepadan sungai.

Menanggapi hal ini, Ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, Terkait ijin untuk sejumlah usaha yang belum memenuhi ketentuan, seperti halnya masih melanggar batas sepadan sungai, maka ijinnya juga tidak bisa dikeluarkan. MEski demikain untuk penutupan lokasi usaha tersebut pihaknya masih akan mempertimbangkan dan mencarikan solusi terbaik. Pasalnya, jika langsung ditutup akan berdampak terhadap mata pencaharian masyarakat sekitar.

Sebelumnya diketahui bahwa, RTRW Kabupaten Trenggalek yang ada saat ini sebenarnya masih berlaku hingga tahun 2032 mendatang, namun karena kondisinya dinilai sudah tidak sesuai, akhirnya harus segera dirubah. Terlebih saat ini Kabupaten Trenggalek juga menjadi bagian dari sejumlah kegiatan pembangunan nasional, seperti halnya pembangunan pelabuhan niaga di kawasan teluk prigi, dan beberapa pembangunan lainnya.