Beranda NEWS Pansus 2 DPRD Trenggalek, Ranperda SPBU Milik Pemda Masih Sisakan Daftar Inventarisasi...

Pansus 2 DPRD Trenggalek, Ranperda SPBU Milik Pemda Masih Sisakan Daftar Inventarisasi Masalah

91

TRENGGALEK, bioztv.id – Pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) terkait Pendirian PT.Jwalita Energi Lestari (PT.JEL) sebagai badan hukum untuk SPBU milik pemerintah daerah masih sisakan sejumlah daftar inventarisasi masalah. Beberapa diantaranya yaitu terkait nominal modal dasar yang diajukan oleh Bupati.

Mengacu keterangan ketua Pansus 2 DPRD Trenggalek, terkait renperda pendirian PT.JEL tersebut, pihaknya sudah berulang kali melakukan pembahasan bersama tim asistensi pemerintah daerah, hasilnya, sudah ada beberapa poin pembahasan yang yang tuntas, namun juga masih ada beberapa poin lainnya yang masih  dikaji ulang.

Lebih lanjut ketua pansus 2 DPRD Trenggalek menyampaikan, salah satu inventarisasi masalah yang belum menemukan kesepakatan adalah terkait nominal moal dasar dari PT.JEL. Sesuai usulan Bupati, modal dasar PT.JEL sebesar 50 miliar rupiah, namun terkait besaran nominal ini pansus dua masih akan mengkaji lebih dala, apakah memang sebesar itu modal dasar yang diperlukan.

Sebelumnya diketahui bahwa, merujuk dan menyesuaikan dengan Permendagri 94 tahun 2017 dan PP No.34 Tahun 2017, yang menyebutkan bahwa badan usaha milik daerah (BUMD) wujudnya hanya ada dua, yaitu Perseroda atau Perumda. Pemerintah Kabupaten Trenggalek usulakan ranperda baru untuk badan hukum SPBU milik pemerintah daerahyang saat ini masih dikelola KPRI Pemda Sejahtera. Sesuai ranperda yang diusulkan bupati, Badan hukum tersebut berupa Perseroda dengan nama PT.Jwalita Energi Lestari (PT.JEL). Saat ini pembahsan terkait ranperda tersebut tinggal menunggu proses finalisasi.