Beranda NEWS Transfer Bantuan Tanpa Konfirmasi Dinsos Kabupaten, Komisi IV DPRD Trenggalek Kritisi Kemensos

Transfer Bantuan Tanpa Konfirmasi Dinsos Kabupaten, Komisi IV DPRD Trenggalek Kritisi Kemensos

110
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Pemberian bantuan dari pemerintah pusat terhadap masyarakat yang terdampak pandemi corona dinilai tidak sinkron dengan dinas sosial yang ada di daerah, Komisi IV DPRD Trenggalek kritisi kementerian sosial yang dinilai tidak peka terhadap apa yang sudah dijalankan dinas sosial tingkat Kabupaten.

Menurut keterangan Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, salah satu bantuan langsung dari kementerian sosial yang tidak sinkron dengan dinas sosial tingkat kabupaten tersebut adalah pemberian bantuan dari pemerintah pusat, yang sudah terlanjur di transfer langsung ke penerima tanpa sepengetahuan dinas sosial. Sedangkan data data penerimanya juga tidak mengacu pada data yang sudah disiapkan oleh dinas sosial, namun hanya mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sementara itu Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Trenggalek, Ratna Sulistyowati menyampaikan, terkait adanya bantuan dari kemensos yang di transfer langsung tersebut pihaknya tidak mendapatkan informasi secara pasti dari kementerian. Namun mengacu info awal, bantuan tersbeut rencananya akan di berikan melalui kantor Pos dan bank yang tergabung dalam himpunan bank Negara (Himbara). Sedangkan penerima bantuan tersebut hanya mengacu pada DTKS saja.

Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek juga menyampaikan, mengingat kejadian tidak sinkronnya antara pemerintah pusat dengan pemerintah yang ada di daerah ini sudah berulang kali terjadi. Pihaknya berharap ini bisa menjadi bahan evaluasi. Sehingga pelaksanaan program pemerintah maupun pemberian bantuan sosial bisa menjadi lebih baik dan bisa tepat sasaran.