Beranda NEWS MOMENT Butuh Penanganan Khusus, Aparat & Pejabat Di Trenggalek Simulasikan Pemakaman Jenazah...

Butuh Penanganan Khusus, Aparat & Pejabat Di Trenggalek Simulasikan Pemakaman Jenazah Covid-19

89

TRENGGALEK, bioztv.id – Proses pemulasaran jenazah korban covid-19 membutuhkan penanganan khusus, Sejumlah anggota TNI da Polri di Trenggalek simulasikan proses pemulasaran jenazah covid. Proses tersebut dilakukan mulai dari penanganan pertama pasca korban dinyatakan meninggal dunia, hingga proses pemakamannya.

Mengacu keterangan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, simulasi proses pemulasaran yang dilakukan anggota TNI dan Polri di halaman Mapolres Trenggalek ini merupakan wujud kerjasamanya yang baik antar instansi. DImana dalam simulasi ini, petugas diberi pemahaman langsung oleh tim medis dari dinas kesehatan dan RSUD Dr.Soedomo.

Sementara itu Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn SImanjuntak menyampaikan, pihaknya bersama TNI dan relawan siap untuk memberikan dukungan penuh terhadap proses pemakaman khusus bagi jenazah yang terpapar Covid-19. Menurutnya,  tahapan penanganan hingga pemakaman jenazah Covid-19 harus dilakukan sebaik mungkin, selain itu seluruh petugas yang diterjunkan juga wajib memakai APD lengkap.

PErlu diketahui bahwa, Dalam proses pelatihan langsung atau simulasi ini tim medis juga memberikan pemahaman kepada anggota TNI dan Polri tentang tata cara yang benar dalam memakai dan melepas alat pelindung diri atau APD. Sebab apabila penggunaan apd salah , maka perlindungan diri tidak bisa berjalan maksimal.