Beranda NEWS MOMENT Pandemi Corona, Napi Rutan Trenggalek Diberdayakan Produksi Masker Sendiri

Pandemi Corona, Napi Rutan Trenggalek Diberdayakan Produksi Masker Sendiri

100
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Masker langka ditengah pandemic corona, sejumlah warga binaan rumah tahanan (Rutan) kelas 2B Trenggalek diberdayakan untuk produksi sendiri masker kain. Selain dibagi bagikan ke yang membutuhkan, masker masker tersebut juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Mengacu keterangan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Trenggalek, Zainal Fanani meyampaikan, Masker yang diproduksi warga binaan Rutan Kelas IIB Trenggalek ini dimaksudkan untuk ikut berperan dalam penanganan virus corona khususnya di Trenggalek. Rencananya masker tersebut akan diproduksi sebanyak-banyaknya, dan akan diberikan ke perawat atau petugas kesehatan, serta masyarakat umum. MEski dmeikian saat ini produksi masker masih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan di dalam rutan.

Sementara itu salah satu warga binaan yang turut memproduksi masker ini, Linda Afrida menerangkan, salah satu proses yang dinilai paling sulit dari  proses pembuatan masker ini adalah saat memasang karet pengait pada masker. Selain itu karet tersebut juga sudah mulai susah dicari. Saat ini dirinya hanya mengandalkan kiriman dari daerah Tulungagung.

Dalam setiap harinya, warga binaan rutan kelas 2B Trenggalek ini mampu memproduksi sekitar 60 hingga 70 biji masker. Setiap satu masker di jual dnegan harga  3.000 rupiah. Dalam proses pembuatan masker ini juga diusahakan se steril mungkin, harapannya ketika produk dipasarkan bisa layak dipakai. Saat ini juga mulai banyak pemesan yang datang dari luar, mulai dari sekolah-sekolah, pegawai, serta dari berbagai instansi lain yang ada di Kabupaten Trenggalek.