Beranda NEWS MOMENT RTRW Sudah Tidak Sesuai, Pansus 1 DPRD Trenggalek Mulai Bahas Ranperda Perubahannya

RTRW Sudah Tidak Sesuai, Pansus 1 DPRD Trenggalek Mulai Bahas Ranperda Perubahannya

131

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek yang ada dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi terkini, Pemerintah daerah usulkan adanya perubahan. Saat ini rancangan peraturan daerah (Ranperda) perubahan RTRW tersebut sudah masuk dalam pembahasan Pansus 1 DPRD Trenggalek.

Mengacu keterangan ketua pansus 1 DPRD Trenggalek, pada pembahasan ranperda perubahan RTRW ini pihaknya sudah melakukan rapat dengan tim asistensi, termasuk kepala Bappeda Litbang Kabupaten Trenggalek. RTRW Kabupaten Trenggalek ini sebenarnya masih berlaku hingga tahun 2032 mendatang, namun karena kondisinya dinilai sudah tidak sesuai, akhirnya harus segera dirubah. Terlebih saat ini Kabupaten Trenggalek juga menjadi bagian dari sejumlah kegiatan pembangunan nasional, seperti halnya pembangunan pelabuhan niaga di kawasan teluk prigi, dan beberapa pembangunan lainnya.

Ketua pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan,  Untuk bangunan atau kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan perubahan RTRW terbaru, nantinya hanya ada dua pilihan, pertama diperbolehkan tetap bertahan dilokasi tersebut dengan ketentuan sesuai dengan RTRW terbaru, dan yang kedua harus pindah ke lokasi lain yang menurut RTRW sesuai dengan peruntukannya.

Sukarudin juga menambahkan, untuk memastikan kesesuai RTRW dengan kondisi dilapangan, dan untuk mengetahui dimana saja bangunan atau tempat usaha yang tidak sesuai dengan RRW,  rencananya pansus 1 akan segera meninjau langsung ke lapangan. Selanjutnya, pansus 1 akan kembali membahas poi demi poin dari perubahan RTRW ini bersama tim asistensi.