Beranda NEWS MOMENT Bupati Trenggalek Pastikan Dana Desa Segera Bisa Digunakan Untuk Penanganan Pandemi Corona

Bupati Trenggalek Pastikan Dana Desa Segera Bisa Digunakan Untuk Penanganan Pandemi Corona

154

TRENGGALEK, bioztv.id – Peraturan bupati (Perbup) sudah direvisi, Bupati Trenggalek pastikan dana desa bisa segera digunakan untuk anggaran penaggulangan pandmei corona yang melanda saat ini. Dalam waktu dekat surat edaran terkait hal tersebut juga akan segera disebarkan ke seluruh desa yang ada di Trenggalek.

Menindaklanjuti permendes terbaru, terkait penggunaan dana desa untuk penanggulangan pandemic corona yang melanda tanah air. Bupati Trenggalek sudah lekukan beberapa langkah, seerti halnya sudah melakukan perubahan perbup. Selain itu, dalam waktu dekat bupati juga akan melakukan virtual converence dengan perwakilan kepala desa atau AKD untuk membahas penggunaan dana desa ini.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin juga menyampaikan, dalam kondisi biasa, APBDes diperbolehkan untuk dilakukan perubahan sekali dalam setiap tahunnya, namun saat terjadi kejadian luar biasa seperti halnya bencana, endemi, ataupun pandemi seperti yang terjdi saat ini, APBdes bisa dilakukan perubahan lebih dari satu kali.

Sebelumnya diketahui bahwa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menginstruksikan kepada seluruh kepala desa untuk mengubah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Apbdes) pada dua fokus utama pemerintah saat ini. Yaitu program kegiatan yang bersifat padat karya tunai dan penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19). Mengacu surat edaran tersebut, dalam waktu dekat dana desa akan segera bisa difungsikan untuk penanggulangan pandemic corona yang terjadi saat ini.