Beranda NEWS MOMENT Tekan Kebutuhan Baju Hazmat Dilokasi Check Point, M Nur Arifin Siapkan Fasilitas...

Tekan Kebutuhan Baju Hazmat Dilokasi Check Point, M Nur Arifin Siapkan Fasilitas Bilik APD

120

TRENGGALEK, bioztv.id – Tekan tinginya kebutuhan alat pelindung diri (APD) baju hazmat bagi petugas pemeriksaan di lokasi check point, Bupati Trenggalek , Mochamad Nur Arifin mulai sediakan fasilitas baru berupa bilik APD. Saat ini alat tersebut sedang di lakukan uji coba kelayakan di lokasi check point Kecamatan Durenan.

Berdasarkan keterangan Bupati Trenggalek, bilik APD ini  nantinya bisa digunakan sebagai pengganti  baju hazmat bagi petugas medis yang melakukan pemeriksaan, sehingga bisa melindungi petugas dari potensi terpapar virus Corona.. Terlebih kebutuhan baju hazmat saat ini terbilang cukup tinggi. Dalam sehari rata-rata membutuhkan sekitar 15 baju hazmat di satu titik checkpoint. Sehingga dengan adanya bilik APD ini, nantinya baju kebutuhan baju hazmat dilokasi check point bisa dialihkan untuk petugas medis yang ada rumah sakit maupun puskesmas.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, saat ini pihaknya sudah memesan lima bilik APD, alat tersebut akan ditempatkan di masing masing lokasi check point yang ada di Trenggalek. Bilik APD yang sudah jadi dan dipasang di lokasi check point Durenan saat ini masih diuji kelayakannya oleh Dinas Kesehatan, nanti apabila dinyatakan layak pakai, minggu depan rencananya akan resmi digunakan.

Bilik APD yang disiapkan memiliki dimensi dengan lebar 0,75 meter dan panjang 1,75 meter serta tinggi 2,2 meter. Bagian depan tertutup kaca untuk memudahkan petugas bertatap muka dengan orang yang diperiksa. Selain itu juga disertai lubang untuk tangan yang dilengkapi pelindung guna mengecek suhu tubuh maupun mencatat riwayat perjalanan. Sedangkan untuk berkomunikasi dilengkapi dengan pengeras suara.