Beranda NEWS MOMENT Ngeyel Mudik & Tak Mau Isolasi Mandiri, Bupati Trenggalek Siapkan Pemudik Kamar...

Ngeyel Mudik & Tak Mau Isolasi Mandiri, Bupati Trenggalek Siapkan Pemudik Kamar Gratis Di Sekolah

127

TRENGGALEK, bioztv.id – Pemerintah Kabupaten Trenggalek siapkan tempat menginap gratis selama 14 hari atau rumah singgah bagi warga yang nekat mudik ke Kabupaten Trenggalek, dan tidak mau melakukan isolasi mandiri dirumah. Tempat tersebut tersebar diseluruh kecamatan hingga desa se Kabupaten Trenggalek.

Fasilitas rumah singgah ini tersebar di seluruh pelosok yang ada di Trenggalek, setiap satu desa akan ada satu rumah singgah atau tempat karantina bagi pemudik, sedangkan untuk tingkat kecamatan juga ada 1 rumah singgah. Untuk lokasi rumah singgah tersebut berada di sekolah masing masing desa, yaitu memanfaatkan bangunan sekolah dasar (SD) dan SMP.

Bupati Trenggalek, Mocahamad Nur Arifin menyampaikan, Penyiapan rumah singgah ini untuk mengantisipasi penyebaran virus korona atau covid-19. Rumah singgah tersebut memiliki fasilitas rata-rata tempat tidur per ruangan, lengkap dengan dapur umum. Pemudik ataupun ODP yang datang ke Trenggalek diperbolehkan mengisolasi diri di rumah masing-masing sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Namun apabila membandel dan keluar rumah sebelum batas waktu isolasi, mereka bakal dibawa ke rumah singgah yang ada di daerahnya.

Nur Arifin juga menambahkan, ketidakdisiplinnya para ODP mengisolasi diri akan meningkatkan risiko warga sekitar terhadap wabah covid-19. Selain itu dirinya juga meminta kepada warga agar tidak memberi stigma negatif kepada mereka yang nantinya harus tinggal di rumah singgah. Sebab, mereka tetap saudara kita. Mas ipin  juga berharap nantinya rumah singgah yang sudah siap itu tak berpenghuni. Artinya, semua orang bisa disiplin tidak mudik dan tidak menjadi beban dan risiko bagi kabupaten, kota, dan desa yang harus kedatangan pemudik.