Beranda NEWS MOMENT Ditengah Pandemi Corona, Bupati Trenggalek Pastikan Anggaran Dana Desa Tidak Ada Pemotongan

Ditengah Pandemi Corona, Bupati Trenggalek Pastikan Anggaran Dana Desa Tidak Ada Pemotongan

113

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah angaran pebangunan harus dirasionalisasi ulang, Bupati Trenggalek pastikan tidak akan melakukan pengurangan anggaran dana desa (ADD). Meski saat ini pemerintah daerah harus  melakukan koreksi anggaran hingga 400 Miliar rupiah, namun untuk alokasi ADD tidak akan ada pengurangan.

Menurut keterangan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, beberapa anggaran yang akan dikoreksi ulang demi penganggaran  penanganan pandemic corona ini antara lain belanja pegawai, belanja tidak langsung, perjalanan dinas dan beberapa kegiatan pembangunan fisik lainnya. Untuk rasionalisasi anggaran perjalanan dinas dan belanja daerah dipekirakan bisa menghemat anggaran senilai 43 miliar rupiah. Sedangkan dari anggaran dana hibah ke lembaga-lembaga yang telah dirasionalisasikan, serta belanja kerja plus Silpa tahun lalu tercatat senilai Rp 90 miliar.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Salah satu alasan tidak aka nada pengurangan dari alokasi anggaran dana desa (ADD) tersebut, karena dalam upaya penanggulangan pandmei corona ini, desa juga punya gugus tugas, bahkan saat ini pihaknya juga masih menghitung apakah mungkin desa-desa di perbatasan yang rawan dan ada kasus positif bisa mendapat afirmasi lebih.

Sebelumnya diketahui bahwa, Dampak penanggulangan Corona Virus desease 2019 atau covid-19, Pemerintah Kabupaten Trenggalek akhirnya harus koreksi anggaran pendapatan daerah (APBD) sebesar 400 Miliar rupiah. Anggaran tersebut berasal dari dana bagi hasil, dana alokasi khusus (DAK), dana alokasi umum (DAU), dan pendapatan asli daerah (PAD).