Beranda NEWS MOMENT 3 Tahun Berturut Turut Trenggalek Raih WTP Dari BPK, Ketua DPRD Apresiasi...

3 Tahun Berturut Turut Trenggalek Raih WTP Dari BPK, Ketua DPRD Apresiasi Bupati

102
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Tiga tahun berturut turut Kabupaten Trengalek raih koreksi opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI, Ketua DPRD Trenggalek apresiasi kinerja bupati. Hal ini menunjukkan bahwa pertanggunjawaban pemerintah atas pelaksanaan APBD, pelaporannya sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan.

Dalam penyampaian pokok pokok pikiran DPRD Trenggalek pada Musrenbang RKPD tahun 2021 yang digelar secara online, Ketua DPRD menyampaikan bahwa, sejak tahun 2016 hingga tahun 2018 kemarin Kabupaten Trenggalek selalau mendapat opini WTP dari badan pemeriksa keuangan (BPK) RI. Prestasi ini merupakan target yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, dan merupakan salah satu indikator kerja dari ratusan indikator lain.

Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menjelaskan, Dengan perestasi opini WTP yang diraih selama 3 tahun berturut turut ini, DPRD Trenggalek memberikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap kinerja bupati. Dengan diraihnya opini WTP, DPRD Trenggalek tidak perlu lagi membentuk panja ataupun pansus untuk mencermati terkait hasil audit BPK tersebut.

Perlu diketahui bahwa, Ada empat opini yang bisa diberikan BPK kepada entitas. Yakni WTP, WDP, TMP, dan TW. Opini WTP tersebut diberikan dengan kriteria sistem pengendalian internal memadai dan tidak ada salah saji yang material, atas pos-pos laporan keuangan. Yaitu secara keseluruhan laporan keuangan telah menyajikan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).