Beranda NEWS MOMENT “Kartu Sehat Berhadiah”, Warga Trenggalek Yang Tertib Cek Kesehatan Ke Puskesmas Akan...

“Kartu Sehat Berhadiah”, Warga Trenggalek Yang Tertib Cek Kesehatan Ke Puskesmas Akan Dibayar

107
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong warga untuk tertib menjaga kesehatan dan rutin memeriksakan kondisinya sebelum jatuh sakit, Bupati Trenggalek akan luncurkan “Kartu Sehat Berhadiah”. Pemegang kartu tersebut akan dibayar pemerintah jika mau rutin memeriksakan kesehatannya di Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Berdasarkan keterangan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, selama ini pendekatan yang dilakukan pemerintah masih menitik beratkan pada pendekatan kuratif, dimana saat ada warga yang sakit akan diobati. Untuk menggeser paradigm tersebut, bupati ingin mendorong agar warga lebih menjaga kesehatan dengan cara rutin memeriksakan kondisinya. Yaitu datang ke puskesmas untuk check up sebelum jatuh sakit.

Mochamad Nur Arifin juga menjelaskan, Untuk mendorong warga agar tertib memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas, pemerintah daerah akan meluncurkan Kartu Sehat Berhadiah, nantinya pemegang kartu ini setiap check up ke puskesmas akan mendapatkan point, dan point tersbeut bernilai rupiah. Selanjutnya setelah terkumpul point point tersebut bisa digunakan untuk membeli kebutuhan gizi, vitamin, maupun kebutuhan lain demi menjaga kesehatannya.

Bupati juga menambahkan, langkah ini dinilai akan lebih efektif dari pada sekedar sosialisasi terhadap masyarakat. Selain itu juga dinilai mampu menghemat anggaran sosialsisasi, sehingga anggaran sosialisasi bisa dialihkan untuk memberikan dukungan tambahan gizi maupun penyulhan langsung kepada masyarakat.