Beranda NEWS MOMENT Dampak Wabah Covid-19, Pembeli Di Pasar Basah Trenggalek Turun 40%

Dampak Wabah Covid-19, Pembeli Di Pasar Basah Trenggalek Turun 40%

138

TRENGGALEK, bioztv.id – Diduga akibat mewabahnya virus corona atau covid-19, sejumlah pedagang di pasar basah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengaku mengalami penurunan kunjungan pembeli. Kondisi ini sudah terjadi sejak sekitar sepekan terakhir. Yaitu semenjak ramainya pemberitaan seputar penyebaran virus corona.

Mengacu keterangan sejumlah pedagang di pasar basah Kabupaten Trenggalek, berkurangnya jumlah pembeli yang datang, turut berdampak terhadap penghasilan para pedagang, pasalnya, jika pembeli sepi, maka penghasilan pedagang juga berkurang. Sejak sepekan terakhir rata rata penghasilan mereka mengalai penurunan sekitar 40% dari hasi hari biasa.

Salah satu pedagang pasar basah Trenggalek, Siti Fatimah menyampaikan, Meski jumlah pengunjung tak seramai hari hari biasa, pihaknya tetap melakukan aktivitas di pasar seperti biasa. Pihaknya juga turut berterimakasih atas upaya pemerintah daerah mencegah penularah virus corona di pasar basah sejak dini, dengan  melakukan penyemprotan desinfektan.

Sebelumnya diketahui bahwa, Tim gabungan, yang terdiri dari petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepolisian, serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di Pemkab Trenggalek, lakukan penyemprotan desinfektan di kawasan pasar basah. Meski saat ini penyemprotan pasar masih dilakukan di pasar basah, namun tak menutup kemungkinan, petugas juga akan melakukan penyemprotaan disejumlah pasar tradisional lain, dan beberapa fasilitas publik lainnya.