Beranda Culture Dipenghujung Bulan Agustus 2019, Trenggalek Kembali Rayakan Hari Jadi Yang Ke 825

Dipenghujung Bulan Agustus 2019, Trenggalek Kembali Rayakan Hari Jadi Yang Ke 825

377

TRENGGALEK, bioztv.id – DIpenghujung bulan agustus tahun 2019, Pemeritah Kabupaten Trenggalek kembali gelar prosesi kirab pusaka dan ritual budaya untuk memperingati hari jadi Treggalek yang ke 825. Pada perayaan tahun ini juga didatangkan kereta kencana dari keraton yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Seperti inilah prosesi peringatan hari jadi Trenggalek pada tahun ini, diawali dari pengambilan pusaka yang dititipkan di Desa Kamulan Kecamatan Durenan, dari lokasi tersebut dua pusaka yang dikenal dengan nama tombak kyai korowelang beserta panji panji diarak menuju pusat kota, dan diserah terimakan kepada Bupati Trenggalek di Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek untuk kembali disimpan.

Pada prosesi arak arakan kali ini juga tampak kereta kencana yang ditumpangi oleh Bupati Mochamad Nur Arifin, kereta tersebut merupakan kereta yang didatangkan langsung dari keraton Yogyakarta. Selain itu tumpeng raksasa, foto foto bupati Trenggalek terdahulu, dan air bersih yang diambil dari mata air pilihan di masing masing kecamatan juga tampak turut diarak mengiringi kereta kencana menuju pendapa manggala praja nugraha.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menernagkan, bahwa tradisi kirab pusaka dan ritual hari jadi ini merupakan wujud dari pelestarian budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Oleh karena itu warisan seni budaya ini harus tetap dilestarikan agar bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

Sebelum dilakukan serangkaian ritual peringatan hari jadi Trenggalek ini, Sepasang pusaka andalan Kabupaten Trenggalek yang dikenal dengan tombak Kyai Korowelang juga dibersihkan terlebih dahulu dnegan serangkaian ritual yang dikenal dengan jamasan. Selanjutnya, sehari seblum dikirab mengelilingi pusat kota Trenggalek, Pusaka tersebut dibawa ke daerah asal pusaka tersebut ditemukan, yaitu di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.