Beranda Culture Menjelang Puncak Hari Jadi Trenggalek Ke 825, Kyai Korowelang Kembali Di Jamasi

Menjelang Puncak Hari Jadi Trenggalek Ke 825, Kyai Korowelang Kembali Di Jamasi

360

TRENGGALEK, bioztv.id – Menjelang puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke 825, Pusaka andalan Kabupaten Trenggalek kembali di bersihkan, atau di jamasi. Pusaka tersebut adalah sepasang tombak yang dikenal dnegan nama kyai korowelang.

Proses penjamasan sepasang pusaka andalan Kabupaten Trenggalek ini dilakukan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi agar debu dan kotoran yang menempel bisa hilang, selanjutnya kedua pusaka dibasuh menggunakan air serta dilumuri dengan minyak cendana agar tdak berkarat. Proses penjamasan ini dilakukan di Pendopo manggala praja nugraha Kabupaten Trenggalek, dua hari menjelang puncak peringatan hari jadi.

Tokoh Spiritual yang bertugas menjamasi pusaka, Sardjono Baskoro menjelaskan, Penjamasan pusaka ini pada intinya adalah membersihkan pusaka milik pemkab Trenggalek agar tetap bersih dan tidak berkarat. Selain itu penjamasan ini sebagai bentuk pelestarian budaya saja, bukan berarti sirik dan lain sebagainya. Proses penjamasan ini rutin dilakukan setiap setahun sekali menjelang puncak perayaan hari jadi.

Setelah dilakukan penjamasan di Pendopo Kabupaten Trenggalek, selanjutnya sehari menjelang puncak peringatan Hari Jadi, Sepasang pusaka tersebut akan dibawa ke lokasi pusaka tersebut ditemukan, yaitu di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.