Beranda NEWS MOMENT Detergen, Sikat Gigi, Hingga Ember Plastik Menjadi Sarana Jamasan Kyai Korowelang

Detergen, Sikat Gigi, Hingga Ember Plastik Menjadi Sarana Jamasan Kyai Korowelang

478

TRENGGALEK, bioztv.id – Proses pembersihan atau jamasan sepasang pusaka andalan Kabupaten Trenggalek mulai memanfaatkan peralatan  masa kini.  Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah detergen, sikat gigi hingga ember plastik. Penggunaan peralatan seperti ini diketahui sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.

Seperti inilah prosessi jamasan sepasang pusaka andalan Kabupaten Trenggalek. Jamasan Pusaka ini dilakukan di Pendopo Manggala Praja Nugraha, dan disaksikan langsung oleh Bupati, Tokoh Masyarakat, dan Forkopimda. Pada prosesi ini sejumlah barang barang masa kini seperti halnya ember plastik, detergent, hingga sikat gigi juga tampak menjadi pelengkap pada proses jamasan. Pusaka yang dijamasi tersebut adalah sepasang tombak kyai korowelang.

Menanggapi jamasan ini tokoh Spiritual yang bertugas menjamasi pusaka, Sardjono Baskoro menjelaskan, proses penjamasan ini pada intinya adalah membersihkan pusaka agar tetap bersih dan tidak rusak. Sedangkan salah satu cara menghilangkan kotoran yang ada di pusaka tersebut adalah dengan menggosoknya hingga bersih menggunakan sikat gigi.

Perlu diketahui bahwa, Jamasan sepasang pusaka andalan Kabupaten Trenggalek ini rutin dilakukan setiap setahun sekali menjelang puncak perayaan hari jadi. Setelah dilakukan prosesi jamasan, kedua pusaka dan beberapa panji-panji Trenggalek dibawa ke Desa Kamulan, Kecamatan Durenan yang merupakan lokasi cikal-bakal dari Kabupaten Trenggalek.