Beranda NEWS MOMENT Keseruan Tradisi Berebut Kepala Kerbau Pada Prosesi Ritual Nyadran DAM Bagong Trenggalek

Keseruan Tradisi Berebut Kepala Kerbau Pada Prosesi Ritual Nyadran DAM Bagong Trenggalek

467

TRENGGALEK, bioztv.id – Tradisi lempar Kepala kerbau menjadi salah satu moment yang paling di tunggu tunggu warga Trenggalek pada saat digelarnya ritual nyadran di dam bagong. Ratusan warga sudah berjubel dan berenang di kawasan ini agar bisa berebut untuk mendapatkan Kepala Kerbau yang dilempar dari atas dam.

Derasnya arus dan dalamnya sungai dam bagong terbukti tidak menjadi penghalang bagi ratusan warga untuk  bisa terlibat berebut kepala kerbau di dasar sungai Dam bagong, keinginan yang kuat untuk turut terlibat dalam ritual budaya ini menjadi salah satu motifasi terkuat bagi mereka. Menurut pegakuan sejumlah warga, mereka bukan hanya sekedar ingin mendapatkan kepala kerbau beserta kulit dan tulangnya saja, namun juga berharap bisa mendapatkan berkah dari kepala kerbau yang di lempar tersebut.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menerangkan, pada prosesi lempar kepala kerbau ke dasar dam bagong ini selain sebagai wujud syukur warga, juga sebagai simbolisasi mengenang jasa Ki Ageng Menak Sopal sebagai pahlawan petani Trenggalek. Pasalnya, berkat jasa beliau akhirnya sawah sawah yang sebelumya keekringan, menjadi bisa teraliri air dari dam bagong ini.

 

Warga yang turut mengikuti prosesi ritual lempar kepala kerbau juga berharap, agar setelah digelarnya ritual ini, Kabupaten Trenggalek menjadi lebih baik, Hasil panen petani melimpah, dan terhindar dari segala bencana, baik banjir,  tanah longsor maupun bencana yang lainnya.