Beranda NEWS MOMENT Jokowi, “Dari Segi Keluasan, Kawasan Segitiga Emas Kalteng Paling Siap Untuk Ibu...

Jokowi, “Dari Segi Keluasan, Kawasan Segitiga Emas Kalteng Paling Siap Untuk Ibu Kota Baru”

481

bioztv.id – Setelah mengunjungi lokasi calon ibu kota baru di Kaltim pada 7 Mei kemarin, Presiden Jokowi melanjutkan peninjauan lokasi calon ibu kota di Kawasan Kalimantan Tengah (Kalteng). Usai meninjau lokasi, presiden menyebutkan jika kalteng paling siap dari segi luas wilayah.

Kawasan calon ibu kota baru yang di kunjungi Presiden di Kalteng ini disebut sebut sebagai kawasan segitiga emas, pasalnya, wilayah ini berada di antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Menanggapi peninjauannya ini, Presiden Jokowi menerangkan, Kalau dari sisi keluasan, di kalteng ini mungkin paling siap. Pasalnya, mau minta luasan lahan 300 ribu hektare ataupun lebih, dilokasi ini masih siap. Meski demikian masih akan dilakukan kajian kajian lebih lanjut untuk di tentukan mana lokasi yang paling layak untuk ibu kota baru Indonesia.

Perlu diketahui bahwa, Wilayah di antara tiga kota dan kabupaten tersebut sebelumnya memang sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai calon ibu kota baru. Sebagaimana diketahui, presiden pertama Republik Indonesia pernah memiliki visi untuk menjadikan salah satu wilayah di provinsi ini, tepatnya Kota Palangka Raya, sebagai ibu kota negara.