Beranda NEWS MOMENT 5 Bulan Kekeringan, Warga Di Kecamatan Pule Ini Belum Mendapat Pasokan Air...

5 Bulan Kekeringan, Warga Di Kecamatan Pule Ini Belum Mendapat Pasokan Air Bersih Dari BPBD

439

TRENGGALEK, bioztv.id – Berbulan bulan dilanda kekeringan, ratusan warga di Desa Karanganyar Kecamatan pule Kabupaten Trenggalek, harus keluar masuk hutan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, pasalnya, sampai saat ini  pasokan bantuan air bersih dari BPBD Trenggalek juga tidak bisa masuk ke daerah tersebut.

Kondisi kekeringan di Desa Karanganyar Kecamatan Pule ini diketahui terjadi sejak 5 bulan terakhir, Sumber air dan sumur sumur warga yang ada di daerah ini terus terusan mengecil, bahkan sudah banyak yang kondisinya kering. Akibatnya selain berdampak langsung terhadap warga, kekeringan ini juga berdampak terhadap pertanian warga, hingga proses pelayanan kesehatan di tingkat Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) setempat.

Sekretaris Desa Karanganyar, Muhasim menerangkan, Bahwa pihak Desa awalnya juga akan mengajukan bantuan air bersih ke BPBD Trenggalek, namun karena saat ini jalan poros desa sedang dibangun, dan akhirnya pengajuannya di tunda. Pasalnya, saat jalan dibangun dan ditutup akses yang bisa dilintasi harus melewati daerah ponorogo, dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Perlu diketahui bahwa, selama dilanda kekeringan ini, selain harus keluar masuk hutan, untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, sejumlah warga juga harus membeli air bersih yang dipasok dari Desa tetangga. 1 tangki air yang berisi  600 liter air biasanya dijul dengan harga 80 ribu rupiah.