Beranda NEWS MOMENT Tatib DPRD Dirubah, Pengisian Bupati / Wakil Bupati Bisa Dilakukan Tanpa Pemilihan...

Tatib DPRD Dirubah, Pengisian Bupati / Wakil Bupati Bisa Dilakukan Tanpa Pemilihan Umum

440

TRENGGALEK, bioztv.id – Pengisian kekosongan Bupati ternyata bisa dilakukan tanpa harus Pemilihan Umum, Pasalnya berdasarkan Peraturan Pemerintah terbaru, DPRD diberikan kewenangan untuk mengisi kekosongan Bupati ataupun wakil Bupati apabila terjadi kekosongan dalam kurun waktu tertentu sesuai peraturan yang berlaku.

Terbitnya Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018, mewajibkan DPRD Kabupaten Trenggalek merubah tata tertib yang lama agar sesuai dengan peraturan pemerintah terbaru tersebut. Meski akan dilakukan perubahan namun tidak dirubah secara keseluruhan, dan masih ada beberapa poin tata tertib lama yang masih diberlakukan.

Menanggapai rancana perubahan Tata Tertib baru ini, Anggota Fraksi PKB, M Hadi menerangkan, salah satu perubahan tatib DPRD sesuai PP No 12 Tahun 2018 ini yang menonjol adalah terkait proses pengisian bupati atau wakil bupati jika terjadi kekosongan, Berdasarkan PP tersebut DPRD diberikan kewenangan untuk mengisi kekosongan Bupati atau Wakil Bupati tanpa harus melaksanakan Pemilihan Umum.

Dengan adanya rencana perubahan tata tertib DPRD sesuai PP No 12 Tahun 2018 ini, wewenang wakil rakyat dalam proses pengisian Bupati atau wakil Bupati menjadi bertambah, meski demikian, secara deatail seperti apa prosesnya, masih akan di bahas oleh tim panitia khusu tata tertib hingga final dan resmikan pada  rapat paripurna mendatang.